Makanan Yang Aman Untuk Pennderia Sakit Maag

Makanan Yang Aman Untuk Pennderia Sakit Maag - untuk anda yang sedang menderita penyakit maag sebagaiknya harus berhati-hati dalam memilih segala jenis makanan agar penyakit maag anda bisa menjadi lebih baik, bukan malah menjadi lebih para. Disini kami akan memberikan informasi mengenai beberapa makanan yang dapat dikonsumsi untuk penderita maag dan baik untuk menjaga kesehatan lambung.

Beberapa Makanan Yang Aman Untuk Dikonsumsi Oleh Penderia Sakit Maag :

  • Brokoli

Brokoli merupakan sumber kalium dan zat sulfur yang baik. Sulfur merupakan prekusor glutation yang berperan sebagai antioksidan pelindung terhadap lapisan dalam kulit lambung. Selain itu, brokoli juga kaya akan vitamin C yang baik untuk memelihara stamina tubuh.

  • Buah-buahan

Jenis buah-buahan seperti pisang, melon, pepaya, dan tomat mengandung kalium yang baik untuk menyeimbangkan pH (derajat keasaman) di dalam lambung.

  • Kentang

Kentang yang bersifat alkali di pagi hari bermanfaat untuk menetralisir asam lambung sebelum Anda menyantap makanan lain. Sumber karbohidrat yang terkandung di dalam kentang pun dapat memberikan rasa kenyang yang cukup lama.

  • Bubur ayam

Bagi penderita sakit maag akut, makanan lunak yang mudah dicerna seperti bubur ayam amat berguna untuk mencegah dan meringankan serangan rasa sakit. Sebaiknya hindari sate jeroan yang sulit dicerna, namun sebagai penambah rasa, Anda dapat menambahkan telur rebus, kecap, dan sedikit kerupuk.

  • Permen karet

Menurut Dr. david C. Metz, guru besar pengobatan divisi gastroenterologi University of Pennsylvania Health System di Philadelphia, aktivitas mengunyah bisa merangsang produksi air liur yang bersifat basa, sehingga mampu menetralisir asam lambung. Selain itu, dengan bertambahnya produksi air liur juga dapat meningkatkan upaya pembersihan lambung.

  • Kol

Menurut Dr Michael T. Murray, ahli naturopati dari Bellevue Washington, kol mengandung asam amino glutamin yang dapat meningkatkan aliran darah ke perut, memberikan nutrisi bagi sel dalam lambung, membantu melindungi lapisan perut, serta mengobati luka pada saluran pencernaan. Konsultasikan dengan dokter Anda.

  • Lidah buaya

Kandungan saponin yang terdapat di dalam lidah buaya memiliki kemampuan antiseptik, sehingga bermanfaat untuk meredakan panas dalam dan mempercepat penyembuhan luka. Sedangkan senyawa antrakuinon dan kuinon yang terkandung dalam lidah buaya berkhasiat sebagai antibiotik, penghilang rasa sakit, dan merangsang pertumbuhan sel baru pada kulit, dan kandungan mukopolisakarida berguna untuk memulihkan radang, termasuk radang pada saluran pencernaan dan arthritis.

Mudah-mudahan informasi diatas dapat bermanfaat untuk anda sekalian yang mengidap penyakit maag, jagalah makan-makanan anda dan jauhilah resiko dari penyakit maag.



Makanan Yang Aman Untuk Pennderia Sakit Maag











Artikel Terkait :